Home » Article

Delight The Customer Ala TUKANG SAYUR
Sun, 03/16/2008 08:50:03

Jangan salah!!! tukang sayur kelilingpun sudah paham dan mempraktekan konsep delight the customer.
Banyak ibu rumah tangga yang tidak sempat pergi ke pasar atau supermarket untuk belanja bahan-bahan masakan yang segar, memilih untuk belanja sayur-mayur dan daging-dagingan melalui tukang sayur. Mereka sadar bahwa harga ecerannya selalu lebih mahal namun tetap saja merindukan kedatangan ‘pasukan’ tukang sayur ini. Setelah saya amati ternyata para tukang sayur tersebut berupaya untuk care dan berusaha untuk memenangkan hati pelanggannya (customers at heart) dengan caranya yang unik. Para ibu rumah tangga disekitar rumah sayapun juga memiliki pilihan tukang sayurnya masing-masing, bahkan tanpa disadari membuat semacam ranking prioritas tukang sayur pilihan. Sampai disini tergambarkan bagaimana tingkat hubungan tukang sayur dengan para pelanggannya. Merekapun tidak perlu belajar secara formal yang namanya Customer Relationship Management. Mereka bergerak dan melakukan usaha menjual barang dagangannya secara sederhana mengandalkan kemampuan daya ingatnya.

Tukang sayur, sebut saja pak Engkus, sudah menjadi langganan utama istri saya dalam 3 tahun terakhir ini. Sesuai dengan karakter istri saya yang suka humor dan kurang suka gosip, tukang sayur ini selalu datang menjajakan dagangannya dengan gaya yang humor kreatif dan dirasakan pas oleh istri saya. Mulai dari cara memanggil istri saya: “Bok…Bok (sebutan ‘ibu’ untuk istri saya yang dia karang sendiri khusus untuk memanggil istri saya) ini bahan sayur asemnya sudah siap….., ayamnya juga udah siap digoreng….” (padahal tidak pernah pesan sebelumnya), sampai dengan cara tawar-menawar serta proses pembayaran. Cara memanggil istri saya itu sangat disukai anak saya. Lebih dari itu ternyata panggilan itu telah memberikan ciri bagi istri saya bahwa itulah tukang sayur favoritnya dia atau dengan kata lain pak Engkus telah menancapkan superrior mindshare yang kuat dalam daftar preferensi diantara tukang-tukang sayur yang lewat di depan rumah saya. Pada saat membayar, jika istri saya tidak memiliki uang kas yang cukup atau pak Engkus tidak punya kembalian maka dia selalu menawarkan untuk dibayarkan saja keesokan harinya.

Tidak jarang pak Engkus ini membawakan buah-buah segar dari kebun yang dimilikinya, seperti buah pepaya, yang menjadi kesukaan istri saya. Diapun hafal masakan sayur kesukaan keluarga saya dan menyiapkan bahan-bahan yang sesuai dengan selera istri saya. Sekali-kali menjadi seperti guru bahasa sunda untuk anak saya sampai diskusi soal pekerjaan rumah bahasa sunda anak saya, maklum saya dan istri serta pembantu saya tidak ada yang mengerti bahasa sunda. Dan bahkan bertindak sebagai tukang parkir suka rela pada saat saya mengeluarkan kendaraan saya untuk berangkat ke kantor. Pendek kata, dia sudah dirasakan sebagai teman baik bagi seluruh anggota keluarga saya bahkan termasuk pembantu rumah tanggga saya. Satu kalipun belum pernah saya mendengar keluhan dari istri saya mengenai pak Engkus ini dan tidak jarang pada saat saya pulang ke rumah, istri saya menceritakan humor yang dilontarkan oleh pak Engkus pagi harinya. Istri saya demikian terkesan oleh layanan pak Engkus ini. Istri saya memperoleh kepuasan dalam berbelanja sayur dari pak Engkus sekaligus situasi saat berbelanja yang diciptakan oleh pak Engkus. Itulah cara the delight


PT. Pacific Rekanprima


Triarko Nurlambang

« Kembali ke arsip Article

Sun, 12/14/2014 08:17:00
Tes Psikologi Tertulis Dan Wawancara Calon Karya Siswa(CKS) Calon Peserta Tugas Belajar (CPTB) Tahun 2015, Kementerian Ristek dan Teknologi, Pelaksanaan Tes Psikologi Tertulis dan Wawancara Calon Karya Siswa (CKS) / Calon Peserta Tugas Belajar (CPTB). read more

Fri, 02/07/2014 15:34:13
Penyusunan Studi Penerapan Activity Based Costing (ABC) AP2 2013

PT. Pacific Rekanprima bekerjasama dengan PT. Daya Makara UI dalam Rangka Pembuatan Konsep Penyusunan Studi Penerapan Activity Based Costing (ABC) PT. Angkasa Pura II (Persero) Tahun 2013.


 

read more

Fri, 02/07/2014 15:18:19
Pembuatan Buku Prestasi Dan Cabang Olahraga Unggulan PPLP dan PPLM 2012 & 2013

PT. Pacific Rekanprima bekerjasama dengan PT. Daya Makara UI untuk penyusunan dan pembuatan buku "Data Dan Informasi" Prestasi Dan Cabang Olahraga Unggulan PPLP dan PPLM tahun 2012 dan 2013


 

read more