Home » News

Diklat Purnabakti DPR RI
Fri, 06/18/2010 11:20:53

Latar Belakang Masa Purnabakti atau masa pensiun merupakan perubahan yang penting dalam perkembangan hidup seorang pekerja yang ditandai dengan terjadinya perubahan sosial. Perubahan ini berupa penyesuaian diri karena tidak lagi bekerja, berakhirnya karier di bidang pekerjaan, berkurangnya penghasilan.

Purnabakti merupakan akhir dari seseorang melakukan pekerjaannya, seharusnya membuat orang senang bisa menikmati hari tuanya. Tapi banyak orang bingung bahkan cemas ketika menghadapi masa pensiun, Pensiun seringkali dianggap kenyataan tidak menyenangkan sehingga menjelang masanya tiba, sebagian orang merasa cemas. Pekerjaan merupakan faktor penting yang bisa mendatangkan kepuasan (karena uang, jabatan). Oleh karena itu seringkali orang pensiun bukannya menikmati masa tua dengan hidup santai, sebaliknya ada yang mengalami problem serius (kejiwaan dan fisik).

Hal penting yang sering terlupakan oleh perusahaan dalam mengelola proses pensiun karyawan adalah adanya perubahan suasana dan kondisi mental karyawan dibandingkan saat masih berada di lingkungan pekerjaan dengan setelah mereka pensiun. Organisasi khususnya DPR RI yang baik perlu ikut memikirkan proses persiapan mental pegawai/staf dalam melalui proses tersebut melalui pembekalan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam menghadapi masa pensiun, sehingga rasa khawatir dalam menghadapi situasi yang tidak menentu dapat diminimalisasi.

Pada pelatihan ini peserta akan dibimbing untuk menghadapi fakta hidup secara rasional dan penuh keyakinan diri, bagaimana menghadapi masa pensiun dengan percaya diri. Bagi orang yang masih ingin berkarya disampaikan pula kiat-kiat lain dalam mencari peluang usaha mandiri. Pelatihan ini sangat bermanfaat dalam mempersiapkan pejabat/staf di lingkungan DPR RI menjelang pensiun, maupun mereka yang akan menjalani pensiun, maka dari itu Sekretariat Jenderal DPR RI memberikan pembekalan dengan Program Diklat Pengembangan Diri Purnabakti Sekretariat Jenderal DPR-RI berdasarkan SPK Nomor DP.02/024.PK/PURNA/DPR-RI/VII/2009 tanggal 16 Juli 2009, tentang Pelatihan Pengembangan Diri Purnabakti Sekretariat  Jenderal DPR-RI.

Secara garis besar tujuan dari pelatihan ini adalah, memberikan pembekalan agar peserta pelatihan siap memasuki masa purnabakti dengan sehat dan bahagia secara fisik, psikis, serta pengelolaan keuangan keluarga yang aman pasca kerja, tanpa perlu bekerja keras di usia pensiun.

Secara rinci tujuan program pelatihan ini untuk :

  • Memberikan motivasi kepada peserta dalam memasuki masa pensiun
  • Memberikan pengetahuan yang bersifat praktis, baik yang berguna untuk kesehatan fisik maupun psikis
  • Memberikan pengetahuan dasar kiat-kiat berusaha dengan tujuan memberikan inpirasi peserta untuk melakukan kegiatan usaha.
  • Mendapatkan profil kebutuhan pelatihan lanjutan tentang pilihan Investasi dari peserta

« Kembali ke arsip News

Sun, 12/14/2014 08:17:00
Tes Psikologi Tertulis Dan Wawancara Calon Karya Siswa(CKS) Calon Peserta Tugas Belajar (CPTB) Tahun 2015, Kementerian Ristek dan Teknologi, Pelaksanaan Tes Psikologi Tertulis dan Wawancara Calon Karya Siswa (CKS) / Calon Peserta Tugas Belajar (CPTB). read more

Fri, 02/07/2014 15:34:13
Penyusunan Studi Penerapan Activity Based Costing (ABC) AP2 2013

PT. Pacific Rekanprima bekerjasama dengan PT. Daya Makara UI dalam Rangka Pembuatan Konsep Penyusunan Studi Penerapan Activity Based Costing (ABC) PT. Angkasa Pura II (Persero) Tahun 2013.


 

read more

Fri, 02/07/2014 15:18:19
Pembuatan Buku Prestasi Dan Cabang Olahraga Unggulan PPLP dan PPLM 2012 & 2013

PT. Pacific Rekanprima bekerjasama dengan PT. Daya Makara UI untuk penyusunan dan pembuatan buku "Data Dan Informasi" Prestasi Dan Cabang Olahraga Unggulan PPLP dan PPLM tahun 2012 dan 2013


 

read more