Home » Article

Peran Advanced Time Management Bagi Peningkatan Produktivitas Manajer
Mon, 03/17/2008 09:44:42

Bagian 1:

Perkembangan dunia usaha atau bisnis dan organisasi pada akhir-akhir ini tidak terlepas dari peranan perkembangan manajemen, termasuk pengembangan para eksekutif dan dunia investasi atau penanaman modal. Kecepatan tumbuh dan berkembangnya para manajer dan eksekutif serta tenaga profesional, sangat dipengaruhi oleh semakin produktifnya pemanfaatan waktu yang mereka miliki, yang umumnya sangat terbatas. Tantangan yang sering dihadapi dnegan waktu yang sangat terbatas tersebut adalah timbulnya tekanan atau stress pada diri para manajer yang bersangkutan.

Upaya untuk mengurangi tekanan atau stress pada dirinya, haruslah datang dari diri yang bersangkutan sendiri. Hal ini perlu disadari karena dengan dapat dikuranginya tekanan atau stress tersebut, maka sekaligus dapat diharapkan terdapatnya peningkatan produktivitas yang bersangkutan. Guna mencapai harapan tersebut, maka para manajer perlu mengatur dan mengendalikan waktu serta lingkungan dimana dia berada atau berbisnis, sehingga dia dapat memanfaatkan waktunya yang sangat terbatas tersebut secara efektif dan efisien.

Dalam rangka meningkatkan produktivitas seorang manajer atau tenaga profesional, dan sekaligus memanfaatkan waktu yang dimilikinya secara efektif dan efisien, maka seorang manajer harus dapat mengatur ataau merencanakan penggunaan waktu secara baik menggunakan petunjuk waktu atau “timer” untuk mengendalikan waktunya dan memanfaatkan waktunya secara tepat. Untuk mencapai harapan ini, maka pada akhir-akhir ini peran Time Management menjadi sangat penting bagi seorang manajer.

Dalam rangka upaya kita mengelola dan mengendalikan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, kita harus sadar bahwa ukuran waktu tersebut sangat penting dan dibutuhkan. Ukuran yang sering dipergunakan untuk dasar membandingkan atau mengendalikan disebut standar. Standar adalah suatu kriteria kuantitatif yang disusun untuk dasar membandingkan dalam pengukuran atau mengendalikan hasil.

Dengan upaya kita mengatur dan mengendalikan waktu kerja bagi penyelesaian satu atau serangkaian pekerjaan, maka pertama-tama kita harus dapat mengamati standar waktu kerja atau dikenal dengan time standar. Standar waktu kerja adalah merupakan ukuran kuatitatif atas waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu atau serangkaian pekerjaan yang dilakukan.

Dalam pengkajian yang bertitik tolak pada pekerja, maka time standar dapat memberikan indikasi atas hasil yang diharapkan. Time standar mencerminkan jumlah waktu yang dibutuhkan oleh rata-rata pekerja untuk melaksanakan pekerjaan dalam kondisi tertentu. Standar ini mencakup waktu kegiatan yang diharapkan dan waktu tambahan yang diperkenankan untuk kemungkinan terjadinya keterlambatan. Oleh karena itu waktu standar untuk suatu pekerjaan adalah waktu normal ditambah waktu tambahan yg diperkenankan. Sedangkan waktu normal adalah lamanya waktu dari seseorang untuk menyelesaikan suatu pekerjaan tanpa adanya keterlambatan atau interupsi.



PT. Pacific Rekanprima & Majalah Usahawan Indonesia

Sofjan Assauri

« Kembali ke arsip Article

Sun, 12/14/2014 08:17:00
Tes Psikologi Tertulis Dan Wawancara Calon Karya Siswa(CKS) Calon Peserta Tugas Belajar (CPTB) Tahun 2015, Kementerian Ristek dan Teknologi, Pelaksanaan Tes Psikologi Tertulis dan Wawancara Calon Karya Siswa (CKS) / Calon Peserta Tugas Belajar (CPTB). read more

Fri, 02/07/2014 15:34:13
Penyusunan Studi Penerapan Activity Based Costing (ABC) AP2 2013

PT. Pacific Rekanprima bekerjasama dengan PT. Daya Makara UI dalam Rangka Pembuatan Konsep Penyusunan Studi Penerapan Activity Based Costing (ABC) PT. Angkasa Pura II (Persero) Tahun 2013.


 

read more

Fri, 02/07/2014 15:18:19
Pembuatan Buku Prestasi Dan Cabang Olahraga Unggulan PPLP dan PPLM 2012 & 2013

PT. Pacific Rekanprima bekerjasama dengan PT. Daya Makara UI untuk penyusunan dan pembuatan buku "Data Dan Informasi" Prestasi Dan Cabang Olahraga Unggulan PPLP dan PPLM tahun 2012 dan 2013


 

read more